Penyebab Utama Kerontokan Rambut Pada Generasi Masa Kini

Penyebab Utama Kerontokan Rambut Pada Generasi Masa Kini

Kenali Penyebab Rambut RontokSalah satu masalah yang sering dialami oleh beberapa orang adalah kerontokan rambut. Kebanyakan masyarakat tidak tahu apa penyebab dari masalah yang mereka hadapi. Kerontokan rambut sering terlihat saat sedang mandi, saat merapikan rambut dan dan saat tidur. Hal ini terjadi karena ada beberapa kondisi dimana kesehatan rambut kurang baik dan kondisi kebersihan kulit kepala kurang terjaga.  

Kondisi kerontokan rambut yang terjadi tiap harinya jika 50-100 helai perhari adalah masih dalam batas wajar.  jika lebih dari itu maka kondisi kerontokan sudah mulai parah. Ada beberapa penyebab terjadinya kerontokan rambut. 

 1. Kondisi psikis yang tidak sehat.

Sering kita menjumpai kondisi dimana rambut tiba-tiba mengalami kerontokan yang cukup parah. Sedangkan kita secara fisik dalam kondisi yang sehat dan tidak sedang menjalani metode pengobatan tertentu. Hal ini bisa jadi karena adanya gangguan emosional atau stress secara psikis yang menyebabkan hormon kita tidak stabil, sehingga mengganggu kondisi di dalam tubuh kita tanpa kita sadari dan rasakan. Perubahan hormon yang terjadi akibat stres akan menganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan dan kesehatan rambut. 

2. Stress secara fisik 

Ada beberapa kondisi dimana fisik mengalami stress secara berlebihan. Seperti halnya seperti setelah melahirkan, setelah sakit atau mengalami kecelakaan. Kondisi fisik yang tidak sehat bisa memicu kerontokan rambut dan ganngguan kesehatan lainnya. Hal ini alami terjadi karena fisik tidak pada kondisi stabil.

3. Perubahan hormonal 

Kerontokan rambut bisa terjadi karena perubahan hormon. Hal ini bisa disebabkan karena kurang nutrisi dalam tubuh yang tidak penuhi, stress dan menderita penyakit tertentu. Dengan adanya perubahan hormon akan mengganggu metabolisme tubuh secara keseluruhan tidak terkecuali kesehatan kulit kepala dan rambut. Sehingga bisa dipastikan bahwa kerontokan yang terjadi bersumber dari perubahan hormon yang mengganggu metabolisme dalam tubuh. Hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur serta memngurangi makanan instan dan fastfood.  

Selain karena faktor-faktor tersebut faktor penyebab kerontokan rambut bisa berupa kondisi kesehatan seperti berikut.

4. Kerontokan rambut akibat anemia parah. 

Di era yang dewasa ini seringkali berbagai penyakit mudah untuk menyerang seseorang. Hal ini karena disebabkan kondisi imun dalam tubuh mulai melemah akibat makanan yang dikonsumsi masyarakat banyak yang tidak sehat akibatnya akan mempengaruhi kesehatan. Tidak jarang banyak dari kalangan wanita yang kurang memperhatikan pola makan dan kesehatan fisik. Seperti kurangnya olahraga yang nantinya akan memicu ketidaksatbilan  siklus menstruasi. Dampaknya bisa mengakibatkan pendarahan saat menstruasi,  sehingga secara langsung menganggu siklus peredaran darah dalam tubuh. Hal ini akan memicu kesehatan pada tubuh dan kulit kepala, sehingga dalam jangka waktu tertentu mengakibatkan kerontokan rambut.  

 5. Menjalani pengobatan tertentu 

Saat ini banyak sekali penyakit yang cukup serius menyerang kalangan muda sperti penyakit kanker dan tumor, hal ini dipicu dari pola hidup yang tidak sehat dan kurang stabilnya tekanan emosional dalam diri seseorang dapat memicu tumbuh sel kanker dan tumor dalam diri. Metode penyembuhan seseorang yang terkena kanker dan tumor salah satunya adalah kemoterapi dan radiasi, hal ini akan menimbulkan efek samping yakni mengalami kerontokan rambut yang cukup parah hingga kebotakan.

6. Kurang asupan gizi 

Seperti yang sudah dijelaskan dalam paragrap sebelumnya menjaga metabolisme tubuh sangatlah penting untuk mendukung kestabilan kesehatan diri. Dengan menjaga pola makan dan pola istirhat yang cukup akan menjaga siklus metabolisme dalam tubuh yang secara langsung, juga akan berdampak pada kesehatan kulit kepala dan rambut.  Kebutuhan nutrisi harus selalu di jaga seperti asupan vitamin, zat besi, zinc, protein hingga karbohidrat. Hal ini menjadi penting karena tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjaga metabolisme dan siklus peredaran darah dalam tubuh.  Jika tubuh kurang mendapat nutrisi, maka akan sangat berdampak pada kesehatan, khususnya kesehatan rambut.

Kerontokan rambut juga bisa disebabkan karena penyakit yang cukup serius seperti serta pola kebersihan yang kurang baik.

7. Kerontokan rambut akibat penyakit kelenjar tiroid.

Kelenjar tiroid merupakan organ tubuh yang memproduksi hormon tiroid yang berfungsi sebagai stabilitator metabolisme dalam tubuh. Jika kelenjar tiroid terganggu bahkan terkena penyakit yang serius seperti kanker organ tersebut tidak akan mampu memproduksi hormon tiroid yang berfungsi untuk stabilitas metabolisme dalam tubuh. Akibatnya seseorang akan mengalami kerontokan rambut, bukan hanya itu tubuh juga akan lebih mudah terserang penyakit. Dengan tidak stabilnya hormon dalam tubuh seseorang akan mengalami kerontokan rambut secara berkala dan parahnya bisa menimbulkan kebotakan. 

8. Alopecia Areata 

Alopecia Areata adalah penyakit autoimun yang menyerang organ tubuh khususnya kulit kepala dan kulit bagian tubuh lain. Penyakit ini menganggap rambut adalah partikel asing yang berbahaya. Sebagai responnya, sistem kekebalan tubuh akan menyerang folikel rambut yang dalam jangka waktu tertentu rambut akan mengalami kerontokan yang cukup parah hingga mengalami kerontokan, bukan hanya sampai disitu saja penyakit ini juga akan menyerang folikel rambut bagian alis hingga bulu kaki dan tangan. Kebotakan yang terjadi bisa berupa keboatakan kecil pada kulit kepala, atau bahkan kebotakan secara menyeluruh.  

9. Kulit kepala yang tidak bersih dan sehat 

Kerontokan rambut bisa terjadi karena berbagai faktor salah satu faktor yang paling sering adalah kebersihan kulit kepala yang tidak terjaga dengan baik. Kondisi kulit kepala yang tidak bersih akan menimbukan jamur dan dalam jangka waktu tertentu akan mengakibatkan peradangan pada kulit kepala, hal ini akan memicu rusaknya akar rambut dan batang rambut akibatnya rambut akan rontok dan rambut akan sulit untuk tumbuh dengan baik. Pentingnya menjaga kebersihan kulit kepala memang diperlukan, hal ini diawali dengan pemiihan shampoo yang sesuai dengan kondisi kulit kepala, sangat disaran bagi Anda yang sering mengalami kerontokan rambut untuk menggunakan shampoo yang memang berfungsi khusus untuk mengurangi kerontontokan rambut dan menumbuhkan rambut. Shampoo dengan fungsi tersebut seringkali mengandung bahan aktif herbal seperti ashitaba dan centela asiatica. 

Nah itu dia beberapa penyebab utama terjadinya kerontokan rambut yang umumnya terjadi pada kebanyakan orang. Untuk mengatasi masalah rambut diatas klik link berikut ini.

One Reply to “Penyebab Utama Kerontokan Rambut Pada Generasi Masa Kini”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *